Cara Menghitung RAB Rabat Beton

By | September 11, 2020
Cara Menghitung RAB Rabat Beton
78 / 100

Sudah Tahu Cara Menghitung RAB Rabat Beton Dan Kebutuhan Materialnya? Yuk Cek Di Sini

Pembangunan rabat menjadi salah satu hal penting sebelum anda mendirikan bangunan. Bila ingin bangunan anda berdiri kokoh tanpa ada kendala, struktur yang dipakai untuk membangun rabat harus tepat.

Oleh sebab itu, pentingnya penghitungan RAB agar dapat menentukan rabat yang tepat untuk bangunan anda. Cara menghitung RAB rabat beton ini juga bisa dipakai acuan untuk material lain.

Dengan begitu, konstruksi yang direncanakan akan mencapai hasil maksimal karena disertai penghitungan yang cermat. Yuk intip ulasan proses penghitungan sebelum membangun rabat di sini!

Mengenal Fungsi Rabat

Penghitungan RAB

Fungsi pertama dari pemakaian rabat, yaitu mempermudah proses pembuatan cor untuk bangunan. Meskipun bukan tahapan wajib dalam setiap proses membangun gedung, tetapi sebaiknya ada.

Dengan membuat rabat, bangunan yang akan dicor akan lebih mudah diproses. Kondisi ini disebabkan oleh bagian dasar sebuah banguanan telah dibuat kokoh serta permukaan yang datar.

Konstruksi bangunan tidak mendapat pengaruh banyak dari adanya rabat dari beton ini. Akan tetapi, gedung yang anda rencanakan akan lebih mudah dibangun dan memiliki dasar yang kuat.

Pengguna rabat juga akan mendapat manfaat sebagai landasan suatu bangunan. Oleh sebab itu, ketebalan landasan ini hanya berkisar sekitar 5 cm saja dan tidak boleh dibuat lebih tebal dari angka tersebut.

Fungsi sebagai landasan ini membuatnya mengabaikan kualitas bahan yang dipakai. Bahan yang disiapkan untuk rabat ini memang cukup baik, meskipun tidak memiliki pengaruh yang langsung pada konstruksi gedung.

Yang tidak kalah penting, dengan mengikuti cara menghitung RAB rabat beton membuat proses konstruksi lebih cepat. Dengan begitu, anda akan menghemat waktu dua kali lipat lebih banyak.

Pengerjaan rabat ini sangat dianjurkan saat anda akan membangunan gedung di atas tanah yang becek atau tidak stabil. Penghitungan RAB untuk rabat juga harus dilakukan secara tepat.

Landasan yang telah diperkuat dengan beton ini memudahkan pengerjaan gedung yang akan dibangun di atasnya. Oleh sebab itu, rabat ini sangat disarankan untuk setiap lahan kurang stabil.

Penghitungan RAB

Sebelum proses penghitungan RAB, lebih dulu anda harus mengidentifikasi pekerjaan yang akan dilakukan. Terdapat tiga pekerjaan, yaitu pemasangan bekisting, pengurugan, dan rabat.

Ketiganya item pekerjaan tersebut dipakai untuk Menyusun RAB dengan tiga langkah. Mulai dari menghitung volume tiap item, analisa satuan, dan menentukan harga material yang akan dipakai.

Cara menghitung RAB rabat beton ini berawal dengan menghitung volume tiap item. Kali pertama tentukan panjang jalan, lebar jalan, dan tebal rabat yang akan dipakai.

Setelah itu, temukan hasil dari penghitungan P x L x tebal rabat. Ketiganya harus memakai satuan yang sama, yaitu meter karena memakai satuan internasional agar penghitungan lebih mudah.

Setelah itu, anda perlu menghitung volume pekerjaan pemasangan bekisting untuk menutup seluruh permukaan jalan. Untuk menemukan jumlah penutup permukaan, anda bisa memakai volume jalan.

Rumus yang dipakai untuk menghitung volume jalan, yaitu memakai P x 2 sisi. Dengan begitu, anda akan memperoleh angka untuk volume 1 yang nantinya akan ditambah volume 2.

Untuk mencari volume 2, anda perlu memakai rumus P x 2 + 1 x L. Rumus P memakai panjang jalan, begitu pula dengan L yang menunjukkan lebar jalan yang akan ditutup memakai bekisting.

Volume 1 yang telah diperoleh sebelumnya ditambah dengan volume 2. Hasilnya mengacu pada volume bekisting yang akan anda pakai selanjutnya untuk menghitung Analisa material dan harganya.

Menghitung Analisa Pekerjaan

Cara Menghitung RAB Rabat Beton

Cara Menghitung RAB Rabat Beton

Analisa pekerjaan ini sebelumnya sudah harus ditentukan penggunaan papan dan paku yang diperkirakan hingga 3 kali pakai. Oleh sebab itu, anda harus lebih dulu membagi volume jadi 3.

Setelah menemukan angka tersebut, maka bisa ditentukan kebutuhan material untuk pengerjaan rabat. Koefisien yang dipakai untuk material mengacu pada analisis yang sesuai standar.

Selain itu, anda juga mengacu pada volume yang rabat yang telah dihitung sebelumnya dan dikalikan koefisien masing masing material. Selain material, anda juga harus memperhatikan daftar harga beton cor.

Keduanya jadi salah satu pengeluaran yang harus disiapkan agar proses pengerjaan tidak berhenti di tengah jalan. Cara menghitung RAB rabat beton ini bisa menentukan harga tenaga kerja yang dipakai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *