Cara Menambal Kolam Beton Yang Bocor

By | September 18, 2020
Cara Menambal Kolam Beton Yang Bocor

Sudah Tahu Cara Menambal Kolam Beton Yang Bocor? Yuk Cek Disini

Adanya kolam ikan ataupun kolam renang di dalam rumah tentu akan membuat rumah memiliki kesan yang berbeda. Namun kesan kolam tersebut akan sirna ketika kolam mengalami kebocoran.

Kolam yang bocor akan membuatnya merembes dan secara perlahan akan membuat air di dalamnya akan berkurang. Namun tenang saja, karena masalah kolam bocor ini bisa diatasi dengan cara menambalnya.

Dengan melakukan penambalan pada kolam, maka air di dalamnya pun tidak akan menyusut. Agar tambalan kolam renang bisa lebih maksimal, maka anda harus mengetahui triknya terlebih dahulu.

Pasalnya penambalan kolam yang bocor kurang tepat tidak akan bertahan lama. Yuk simak cara menambal kolam beton yang bocor berikut.

Penyebab Kolam Mengalami Kebocoran

Penyebab Kolam Bocor

Penyebab Kolam Bocor

Kolam renangĀ  atau ikan yang bocor bisa disebabkan karena banyak hal. Salah satu penyebab kolam bocor adalah pengenatan dinding maupun lantai kolam renang yang kurang baik.

Apalagi untuk kolam renang yang memiliki dinding dan lantai yang menggunakan keramik atau mozaik. Anda harus lebih memperhatikan pengenatannya untuk menghindari terjadinya kebocoran pada kolam.

Apabila pengenatan menerapkan semen yang kurang padat dan rapat, maka bisa menjadi salah satu penyebab kebocoran pada kolam. Sistem pengenatan ini harus dilakukan dengan lebih teliti sehingga tidak terjadi kebocoran.

Pembuatan kolam yang kurang tepat juga menjadi salah satu penyebab mengapa kolam mengalami kebocoran. Sehingga anda harus memastikan jika tukang yang melakukan pembuatan kolam telah melakukan kinerja dengan baik.

Tips Mengetahui Bagian Kolam yang Bocor

Cara Menambal Kolam Beton Yang Bocor

Cara Menambal Kolam Beton Yang Bocor

Tentunya banyak orang yang tidak menyadari jika kolam renang atau ikan mengalami kebocoran. Kebanyakan hanya mengetahui sebuah kolam mengalami kebocoran ketika mengetahui air yang mulai menyusut.

Cara menambal kolam beton yang bocor adalah dengan mengetahui titik bagian kolam yang bocor tersebut. Cara yang pertama adalah dengan mengisi air kolam hingga sudah penuh terlebih dahulu.

Kemudian tunggulah hingga permukaan air stabil dan pastikan di level mana air kolam tidak lagi berkurang. Hal ini untuk mengetahui titik mana kolam mengalami kebocoran tersebut.

Cari di level mana permukaan air tersebut berhenti berkurang dan lihat lebih teliti bagian samping samping kolam tersebut. Pastikan apa ada retakan di bagian paralon yang bisa menyebabkan kolam bocor lainnya.

Setelah mengetahui potensi penyebab kebocoran, maka bukalah lapisan plester semen yang ada. Kemudian tambal bagian yang bocor dengan menggunakan adonan semen yang sudah dicampur dengan bahan waterproofing.

Setelah adonan sudah jadi dan memiliki tekstur yang mengental, maka anda bisa mengaplikasikan pada bagian kolam yang bermasalah.

Anda bisa melihat kebocoran ini dari retakan lembut ataupun keropos yang ada di sekitar kolam tersebut. Kemudian anda bisa membersihkannya hingga tidak ada lagi semen yang kerpos tersebut.

Jika anda sudah selesai menambal kolam tersebut, maka tunggulah hingga tambalan kolam benar benar kering. Biasanya cara menambal kolam beton yang bocor ini akan tidak membutuhkan banyak waktu, namun anda harus mengetahui titik kebocorannya.

Setelah anda sudah menambalnya, maka tunggulah tambalan kolam benar benar kering kurang lebih selama 24 jam. Anda bisa kembali mengisi kolam dengan air untuk memastikan jika air tidak berkurang.

Namun anda harus mensterilkan kolam terlebih dahulu untuk memastikan kerusakan kolam tersebut. Bila air dalam kolam tidak berkurang, maka segera kosongkan air di dalam kolam. Lalu isilah kembali air di dalam kolam tersebut dengan air bersih.

Namun jika anda masih menemukan volume air dalam kolam renang, maka anda harus mencari tahu lagi letak kebocoran kolam tersebut. Lakukan cara yang sudah dijelaskan sebelumnya untuk mengetahui bagian kolam yang bocor tersebut.

Untuk membuat kolam memiliki bangunan yang kokoh, maka anda bisa menggunakan bahan beton. Pasalnya cara menambal kolam beton yang bocor sangat mudah dilakukan dan tidak membutuhkan banyak waktu.

Saat kolam bocor, maka jangan panik dan lakukan langkah langkah yang sudah dijelaskan sebelumnya. Dengan melakukan langkah tersebut, maka akan memudahkan anda untuk mengetahui titik kolam yang bocor.

Anda bisa melakukan pengecekan daftar harga beton cor yang tersedia di toko terdekat. Sehingga akan lebih memudahkan anda untuk membuat kolam yang kuat dan anti rembes.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *