Cara Membuat Bak Air Beton

By | January 9, 2021

Anti Bocor, Berikut Cara Membuat Bak Air Beton Yang Wajib Anda Tahu

Salah satu masalah yang kerap kali muncul dari bak mandi adalah kebocoran. Hal ini tentu akan merepotkan semua pengguna bak mandi tersebut.

Seringkali metode yang digunakan untuk membuat bak mandi tidak tepat sehingga kebocoran pada bak mandi selalu saja terjadi. Ada banyak sekali masalah kebocoran bak mandi yang dialami oleh banyak orang.

Terdapat kebocoran halus yang tidak terlalu tampak, dan membuat air dalam bak mandi terus menyusut ketika  sudah dua jam. Oleh karenanya anda harus mengetahui cara membuat bak air beton yang anti bocor. Berikut ulasan selengkapnya.

Alasan Mengapa Bak Mandi Sering Bocor

Sebelum anda mengetahui cara untuk mengatasi bak mandi yang bocor, maka anda harus mengetahui penyebab bak tersebut bocor.

Untuk kebocoran yang besar, biasanya disebabkan karena proses pembuatan bak air. Bagi anda yang menggunakan keramik ataupun batu bata merah biasanya akan sering mengalami masalah ini.

Pasalnya setelah bak kamar mandi sudah dipasang keramik dan nat maka banyak orang yang menganggapnya sudah rapat atau kedap. Namun pernyataan ini sangat keliru, karena hubungan antara keramik dan nat yang diaduk tidak sepenuhnya melekat.

Setelah semen mengering, maka adonan tersebut akan menyusut sehingga menimbulkan celah celah yang bisa dilewati air. Bata merah yang tidak diplester akan mudah sekali untuk dimasuki air.

Kondisi inilah yang membuat persediaan air di dalam bak akan berkurang. Sementara bocor halus bisa sebabkan karena kualitas keramik yang kurang bagus. Oleh karenanya anda harus mengetahui cara membuat bak air beton.

Pasalnya membuat bak mandi dengan bahan beton akan membuatnya lebih awet dan tidak mudah rembes. Anda pun tidak perlu khawatir jika menggunakan bahan beton untuk membuat bak kamar mandi.

Cara Membuat Bak Air Beton (Step by step)

Cara Membuat Bak Air Beton

Buat dinding bak mandi atau kolam dengan tekstur plesteran bagian dalam agak sedikit kasar. Kemudian campurkan adukan plesteran tersebut dengan campuran waterproofing dan tunggulah hingga benar benar kering.

Biasanya proses pengeringan ini akan membutuhkan waktu kurang lebih selama 3 hingga 4 hari. Setelah plesteran sudah keras dan kering, maka dilapisi dengan pelapis waterproofing pada seluruh permukaan bagian dalam bak mandi.

Untuk pinggiran bawah serta sudur bak atau rongga yang cukup besar dapat menggunakan serabut atau serat fiber. Tunggulah selama beberapa hari hingga kering.

Jangan lupa untuk melapisi waterproofing kolam tersebut sebagai cara membuat bak air beton yang kuat dan tidak mudah rembes. Jika plesteran tidak 100% kering seperti mengeluarkan keringat maka pekerjaan bisa dipastikan sia sia.

Anda harus menunggu kembali 2 sampai 3 hari hingga kedua lapisan waterproofing tersebut benar benar kering. Setelah plesteran kering, maka temple keramik pada bagian dalam dengan menggunakan semen yang sudah dicampur dengan waterproofing sebagai perekat.

Setelah keramik sudah rapi semua, maka tunggulah hingga lapisan tersebut setengah keras. Yang terpenting keramik sudah melekat erat, kemudian isi nat dengan campuran semen putih dan campuran waterproofing.

Tunggu kembali hingga campuran tersebut mengeras selama 4 hingga 5 hari sehingga bak mandi bisa digunakan dengan kualitas ekstra top.

Terdapat beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika melakukan pemasangan keramik. Dulu banyak orang yang memasang sudut keramik dengan menggosok 45 derajat dengan harapan pasangannya akan rapi dan indah.

Namun setelah dipasang ternyata sudut ini sangat mudah rusak karena benturan gayung yang tiap hari menyentuhnya. Bahkan tangan anda pun bisa tergores karena sudut keramiknya yang lancip sehingga terasa perih.

Untuk mengatasi hal tersebut, maka anda bisa menggunakan kuku macan yang membuat sudut bak menjadi lebih nyaman. Sehingga anda tidak perlu khawatir jika tangan tergores ketika mandi.

Anda juga harus memperhatikan ketinggian air bak sehingga tidak kesulitan untuk mengambil air di dalamnya. Cara membuat bak air beton untuk ukuran ketinggian ini akan memudahkan anda ketika memakainya.

Dengan menggunakan beton maka bak kamar mandi tidak akan mudah rembes. Oleh karenanya, anda harus memilih beton dengan kualitas yang bagus sehingga bak mandi tidak mudah rembes.

Namun sebelum membelinya, maka pastikan anda mengetahui daftar harga beton cor yang dijual di pasaran. Anda juga harus membeli beton tersebut di toko terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *