Cara Pasang Lisplang Beton

By | September 17, 2020
Cara Pasang Lisplang Beton

Mengintip Cara Pasang Lisplang Beton pada Atap Bangunan

Memiliki hunian yang nyaman dan enak saat dipandang tentu menjadi keinginan semua orang. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mewujudkannya salah satunya dengan pemasangan lisplang.

Lisplang adalah bagian dari struktur atap rumah yang biasanya dipasang oleh hunian dengan gaya limasan. Pemasangan lisplang juga bertujuan untuk melindungi kayu usuk agar tidak mudah rusak.

Ada beberapa bahan yang bisa digunakan untuk pembuatan lisplang, salah satunya adalah beton. Berikut cara pasang lisplang beton pada atap bangunan yang tepat.

Tips Memasang Lisplang dari Bahan Beton

Lisplang dari Bahan Beton

Lisplang dari Bahan Beton

Jika memilih lisplang dari material beton, maka anda perlu mengetahui daftar harga beton cor yang akan dipesan. Selain itu, ukuran lisplang sebaiknya juga disesuaikan dengan ukuran bagian yang akan ditutupi.

Umumnya ukuran lisplang yang dipasang di rumah Indonesa sekitar 15 hingga 30 cm. Sebaiknya lisplang yang dipasang memiliki jarak sekrup ke sudut panel minimal 75 mm.

Sedangkan untuk jarak sekrup dari sisi panel minimum 15 mm. Adapun jarak antar sekrup di bagian sisi panel maksimum adalah 200 mm, dan jarak antara sekrup di bagian tengan panel maksimum adal 300.

Untuk celah antara panel anda bisa menggunakan lebih dari 4 mm, selanjutnya sekrup bia dipendam untuk menghindari korosi. Anda perlu membuat overshunk terlebih dahulu untuk menenggelamkan kepala sekrup.

Cara pasang lisplang beton dilanjutkan dengan menutup bekas sekrup dengan komponen atau dempul yang tahan terhadap cuaca. Sebaiknya gunakan penyambungan antar lisplang dengan sealant jenis silikon.

Anda bisa memakai benang untuk memastikan agar pemasangan lisplang lurus. Sebaiknya pasang lisplang satu persatu dengan jarak masing masing sekitar 4 mm.

Lisplang dapat dipasang 1 trap ataupun 2 trap. Untuk pemasangan lisplang 2 trap, maka anda bisa menggunakan lebar trap 200 mm dan tra kedua 100 mm.

Sebaiknya pasang lisplang yang lebih lebar terlebih dahulu, yakni 200 mm. Selanjutnya anda bisa menempelkan lisplang yang lebih kecil dengan menggunakan lem maupun kompon.

Cara penyusunan papan lisplang bisa dibuat zig zag yaitu dengan ujung papan trap [pertama dan trap kedua tidak segaris. Tujuannya cara pasang lisplang beton ini, yaitu untuk menambah kekuatan sambungan.

Keuntungan Menggunakan Lisplang dari Beton untuk Bangunan

Cara Pasang Lisplang Beton

Cara Pasang Lisplang Beton

Memang ada banyak material yang bisa digunakan untuk membuat lisplang, namun saat ini beton lebih banyak dipilih untuk bangunan. Hal ini tidak terlepas dari keunggulan material satu ini.

Seperti yang diketahui jika lisplang merupakan bagian tepi atap yang digunakan untuk memperindah bangunan. Selain itu, lisplang juga digunakan untuk melindungi atap dari sinar matahari maupun hujan.

Saat hujan turun, bisa saja air tidak langsung mengalir ke bawah melainkan merembes melalui atap. Pemasangan lisplang juga untuk memisahkan antara lantai yang satu yang lain.

Kebanyakan pemakaian lisplang ditemukan pada rumah di daerah tropis dengan atap segitiga.  dinilai lebih rapi dan presisi.

Hal ini karena pembuatan lisplang beton menggunakan cetakan dengan ukuran yang sudah ditentukan sebelumnya. Lisplang ini memang sangat cocok digunakan untuk rumah bergaya mewah.

Selain itu, lisplang dengan bahan beton juga banyak digunakan untuk bangunan bertingkat maupun dengan atap datar. Dibandingkan dengan bahan kayu, lisplang dari beton dinilai lebih ekonomis.

Menariknya lagi, lisplang beton juga memiliki ketahanan yang lebih tinggi jika difungsikan sebagai talang air hujan. Dengan demikian, cara pasang lisplang beton yang benar bisa melindungi struktur usuk dan reng.

Saat ini ada banyak jenis lisplang yang dijual di pasaran, mulai dari yang polos hingga yang bermotif sehingga anda bisa memilih sesuai selera. Anda bisa menemukan lisplang dengan ukuran ketebalan mulai 0,9 cm.

Pemasangan lisplang memang harus dilakukan dengan benar, agar terlihat lebih indah dan rapi. Hal ini juga bertujuan agar lisplang bisa melindungi atap rumah dengan baik.

Agar mendapatkan hasil yang memuaskan maka sebaiknya anda membeli lisplang di tempat yang tepat. Pastikan material yang digunakan memiliki struktur yang kuat dan juga kokoh.

Sebelum melanjutkan proyek bangunanan, anda perlu mencari referensi mengenai model lisplang yang tepat. Perhatikan juga aspek lain seperti material atap serta material dinding.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *