Cara Membuat Kolam Ikan Dari Beton

By | September 7, 2020
cara membuat kolam ikan cor
77 / 100

Tertarik membuat sebuah kolam ikan di pekarangan ataupun lahan kosong menggunakan beton ? Sepertinya penting untuk mengetahui cara membuat kolam ikan dari beton terlebih dahulu.

Dengan mengetahui trik pembuatannya, dijamin kolam dapat berfungsi optimal sesuai keinginan. Bahkan Anda juga bisa memberikan sentuhan kreatifitas jika sudah handal dalam bidang tersebut.

Daripada penasaran bagaimana cara tepat membuat sebuah kolam ikan, silahkan simak ulasan singkat berikut tanpa ada yang terlewat.

Mengukur Kolam Beton

Cara Membuat Kolam Ikan Dari Beton

Proses pembuatan kolam tidak akan berlangsung tanpa mengetahui ukuran kolam yang diinginkan. Sehingga langkah pertama yang penting dilakukan adalah mengukur kolam ikan terlebih dahulu.

Ukuran kolamnya cukup bervariasi, karena setiap ikan memiliki kebutuhan yang berbeda sehingga tidak bisa disamaratakan antara jenis ikan satu dan ikan lainnya.

Oleh karenanya, Anda harus menentukan jenis ikan yang hendak dibudidayakan terlebih dahulu untuk memudahkan proses pengukuran lahan yang dibutuhkan.

Contohnya ketika Anda hendak membudidayakan ikan nila, idealnya Anda membutuhkan lahan berukuran 20 m x 10 m x 1.5 m agar ikan dapat berenang bebas tanpa hambatan.

Selain memperhatikan jenis ikan, penting untuk mengetahui jumlah ikan yang hendak dipelihara. Semakin banyak jumlah ikannya, maka lahan yang dibutuhkan pun semakin besar.

Menurut informasi dasar tersebut, dapat disimpulkan bahwa cara membuat kolam ikan dari beton tidak boleh dilakukan sembarangan demi mendapatkan manfaat berlipat.

Mempertimbangkan Struktur Kolam

Langkah selanjutnya adalah mempertimbangkan stuktur kolam ikannya mulai dari saluran masuk, saluran keluar, hingga kemalir. Ketiga bagian tersebut sangat penting dimiliki oleh sebuah kolam ikan.

Sesuai dengan namanya, saluran masuk memiliki fungsi utama untuk memasukkan air ke dalam kolamnya. Sedangkan saluran pengeluaran air difungsikan sebagai mengalirnya air kotor.

Pada kolam yang berada di atas tanah, saluran pembuangan airnya tampak sederhana dan mudah dibuat. Berbeda halnya dengan kolam di dalam tahan yang harus dibantu dengan teknik pembuangan tertentu.

Kemalir merupakan bagian dasar kolam yang tampak menjorok ke bagan dalam, yang berfungsi sang pemilik ketika waktu panen ikan telah tiba.

Kemalir juga berfungsi sebagai tempat dimana kotoran akan mengendap sehingga air kolam tidak cepat kotor, sekaligus melindungi ikan ketika kolam bocor.

Setelah mempertimbangkan setiap struktur kolam dengan matang, saatnya menentukan bahan pembuatan kolamnya sendiri untuk memudahkan proses pembuatannya.

Apabila Anda berniat menggunakan cara membuat kolam ikan dari beton, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan hasil maksimal.

Hal penting tersebut, berkaitan erat dengan pembuatan kolamnya yang berada di atas tanah ataukah lebih baik dibangun di permukaan tanah.

Gunakan Beton Dasar Tanah Atau di Atas Permukaan Tanah ?

cara membuat kolam ikan mas dari beton

Umumnya kolam ikan nila yang dibangun di bawah tanah, akan dibuat menggunakan parit yang kemudian dialiri air bersih. Hal ini membuat kolam tampak seperti sumur buatan.

Sedikit berbeda dengan kolam beton yang dibangun di atas permukaan tanah, karena kolamnya harus dialiri menggunakan air sumur terlebih dahulu.

Hal ini dilakukan, mengingat air PAM mengandung bahan kimia yang ditakutkan membahayakan kesehatan ikan yang akan dibudidayakan di dalamnya.

Setelah menentukan bagaimana kolam akan dibangun, saatnya untuk mempersiapkan bahan bangunannya mulai dari semen pasir, batu, kerikil, cat, hingga batu bata.

Galilah tanah sesuai kebutuhan dengan memperhitungkan panjang, lebar, dan tinggi kolamnya. Barulah kemudian Anda bisa membuat adonan beton sebagai pondasinya.

Sedangkan bagian dindingnya bisa dibangun menggunakan tumpukan batu bata, lalu kemudian dilapisi dengan semen layaknya membuat tembok pada umumnya.

Sebaiknya gunakan campuran material berkualitas agar lebih awet dan kokoh. Pastikan membelinya di tempat terpercaya, yang menawarkan daftar harga beton cor bersahabat di kantong sebagai alternatifnya.

Kemudian buatlah setiap struktur kolamnya, sebelum kemudian cat dindingnya agar tampilannya lebih menarik dan sedap dipandang.

Sayangnya kolam baru identik dengan bau semen yang menyengat, sehingga Anda perlu menghilangkannya menggunakan pohon pisang yang diusapkan atau direndam dengan air kolam.

Berencana membudidayakan ikan dengan memanfaatkan kolam yang terbuat dari beton ? Ada baiknya Anda pertimbangkan beberapa hal terlebih dahulu sebelum membuat kolamnya.

Dari informasi tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa proses pembuatan kolam ikan tidak bisa dilakukan sembarangan demi keberhasilan budidaya ikan.

Daripada salah langkah, akan lebih baik jika mengetahui cara membuat kolam ikan dari beton sebagai dasar sebelum menyiapkan kebutuhan pembangunannya. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *