Daftar Harga Sewa Tower Crane Terbaru

By | May 23, 2020
Harga Sewa Tower Crane

Bangun Gedung Bertingkat Tinggi, Yuk Intip Cara Menghitung Harga Sewa Tower Crane

Pembangunan gedung bertingkat tinggi, membutuhkan alat berat untuk memindahkan material dari bawah menuju ke atas  gedung. Salah satu jenis alat berat yang tepat digunakan yaitu tower crane. Sebelum dioperasikan, alat berat ini biasanya dipasang dengan pondasi yang cukup kuat, agar tidak mudah terpengaruh oleh kekuatan angin. Bagi anda yang berencana menyewa alat berat ini, yuk kenali bagian alat berat ini beserta harga sewa tower crane berikut.

Daftar Harga Sewa Tower Crane

No NAMA ALAT HARGA
1 Pondasi Tower Crane + Angkur IDR 130.000.000 /Unit
2 Tower Crane IDR 100.000.000 /Bulan
3 Erection dan Dismantle IDR 40.000.000 /Unit

Keterangan :

  • Harga sewa dapat berubah sewaktu waktu
  • Konfirmasi pemesanan 3-4 hari sebelum pelaksanaan
  • Harga sewa tidak termasuk biaya mobilisasi dan demobilisasi
  • Harga sewa tidak termasuk biaya operator
  • Harga sewa belum termasuk biaya BBM
  • Semua perizinan, jalan izin serta lingkungan menjadi tanggung jawab pihak penyewa
  • Kuli Bongkar, Ormas, Koordinasi lingkungan menjadi tanggung jawab pihak penyewa

Untuk Sewa/Rental Alat Berat Lainnya Klik Disini >>> Daftar Harga Sewa Alat Berat Terbaru<<<

Dengan menggunakan alat berat ini, maka kegiatan pengangkutan material untuk gedung yang sangat tinggi dapat dilakukan dengan lebih mudah. Namun, perlu diketahui jika terdapat beberapa biaya tambahan yang nantinya harus dikeluarkan untuk mengoperasikan alat berat ini. Maka dari itu, rincian mengenai biaya alat ini perlu dihitung dengan baik.

Cara menghitung biaya sewa alat berat ini dilakukan dengan menambahkan biaya yang terdiri dari biaya sewa tower crane, biaya pondasi dan angkur, biaya sewa erection dan dismantling dan biaya mobilisasi dan demobilisasi. Selain itu, anda juga harus menambahkan biaya listrik, biaya untuk operator, biaya asuransi alat dan perizinan di disnaker untuk menghitung harga sewa tower crane secara keseluruhan. 

Tower crane memiliki beberapa bagian yang harus dipasangkan sebelum mengoperasikan alat ini. Untuk menjaga agar tower crane tetap kuat, maka pemasangan pondasi harus dilakukan dengan kuat. Sebaiknya pemasangan dilakukan sesuai dengan peraturan, agar pengoperasian alat ini lebih aman. Selain itu, pengangkatan beban harus disesuaikan dengan kapasitas maksimum. 

Mengenal Bagian Bagian Tower Crane Beserta Fungsi

Alat berat ini terdiri dari beberapa bagian, sebelum akhirnya dirakit menjadi satu kesatuan. Spesifikasi dari alat berat ini untuk pengangkutan material meliputi jangkauan tower rencana, jangkauan jib, hoist, sling dan trolley. Ketinggian dapat disesuaikan dengan keinginan, jika dibutuhkan ketinggian dapat ditambahkan dengan mengikatkan alat berat ini pada bangunan. Jib pada tower crane merupakan lengan yang terdiri dari elemen besi yang disusun menjadi satu bagian. 

Pemasangan jib harus mengikuti peraturan dan disesuaikan dengan kebutuhan. Panjang jib akan berpengaruh terhadap beban yang diangkat. Terdapat batasan beban maksimum untuk panjang jib tertentu. Untuk pengangkatan beban yang cukup berat, maka pondasi harus dibuat sekuat mungkin untuk menjaga tower crane tetap kuat. Namun perlu diketahui jika harga sewa tower crane biasanya terpisah dengan pembuatan pondasi.

Selain itu, terdapat counter jib yang berfungsi untuk menyeimbangkan boom yang terpasang pada tower crane. Bagian ini dilengkapi dengan counterweight yang berfungsi sebagai beban. Hoist pada tower crane berfungsi sebagai alat pengangkut secara vertikal. Untuk pengangkutan secara horizontal dilakukan oleh trolley. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *