Cara Memelihara Ikan Gurame di Kolam Beton

By | January 6, 2022

Pemula Wajib Tahu, Berikut Cara Memelihara Ikan Gurame di Kolam Beton yang Benar

Gurame merupakan salah satu ikan yang populer di Indonesia. Jika Anda ingin mulai membudidayakannya, maka penting untuk mengetahui cara memelihara ikan gurame di kolam beton yang benar.

Budidaya salah satu jenis ikan air tawar ini cukup mudah untuk dilakukan, bahkan jika Anda adalah seorang pemula sekalipun dalam dunia pertambakan.

Terlebih, permintaan pasar terhadap ikan gurame di Indonesia terbilang cukup tinggi. Dan cukup banyak rumah makan serta warung yang menyediakan menu lezat dari ikan gurame.

Untuk itu, terdapat beberapa cara atau langkah yang bisa Anda lakukan untuk memulai membudidayakan ikan ini di kolam beton. Simak ulasannya berikut.

Mempersiapkan Lahan

Jika Anda ingin memulai membudidaya ikan gurame, maka langkah awal yang perlu Anda lakukan yaitu mempersiapkan sebuah kolam atau lahan untuk tempat hidup ikan tersebut.

Karena Anda akan menggunakan beton untuk membuat kolam, maka pastikan lahan yang dipilih merupakan tempat yang tepat agar tidak perlu dibongkar pasang.

Pastikan juga Anda membeli beton pada toko yang memiliki daftar harga ready mix lengkap. Agar Anda bisa memperkirakan anggaran dana yang perlu dikeluarkan dalam membuat lahan.

Kemudian, pilih lahan dengan lebar yang sekiranya cukup luas jika Anda memang berniat membuat usaha budidaya ikan gurame ini dalam skala yang besar.

Cara memelihara ikan gurame di kolam beton yang baik adalah dengan menghindarkan kolam dari daerah yang banjir. Karena jika terjadi banjir, ikan-ikan Anda bisa terbawa oleh banjir tersebut.

Buat Kolam yang Sesuai

Tahap berikutnya yaitu membangun kolam beton yang sesuai. Ketika akan membangun sebuah kolam, pastikan Anda telah memilih desain yang tepat.

Buat rancangan kolam dengan desain yang sebaik-baiknya. Konsultasikan juga dengan pihak yang lebih ahli jika memugkinkan, agar Anda dapat memiliki desain kolam yang paling cocok.

Lingkungan kolam yang baik nantinya bisa berpengaruh yang baik pula pada pertumbuhan ikan gurame. Jadi, pastikan Anda tidak salah dalam membangun kolam, agar bisa mendapat keuntungan maksimal.

Tebar Benih

Setelah kolam dibangun, kini Anda bisa memulai untuk menebarkan bibit atau benih ikan. Penebaran benih ini dilakukan ketika air yang ada di kolam sudah berubah warna menjadi hijau.

Lama waktu air kolam berubah warna menjadi hijau umumnya berlangsung kurang lebih setelah 1 minggu. Kemudian, tebar benih dari ikan gurame secara perlahan ke dalam kolam.

Dalam satu meter persegi, bisa menampung sekitar 12 hingga 20 bibit ikan. Jangan sampai Anda menebarnya terlalu banyak di satu tempat, karena bisa membuat benih menjadi stres dan mati.

Penebaran benih gurame yang baik dilakukan pada pagi maupun sore hari. Karena di waktu tersebut, air di kolam sedang berada di suhu yang normal dan stabil.

Sehingga bibit-bibit dari ikan gurame akan lebih mudah untuk beradaptasi dengan lingkungannya. Penambahan air di kolam juga harus dilakukan secara perlahan, agar benih tidak stres.

Perawatan

Agar ikan gurame bisa dipanen, maka cara memelihara ikan gurame di kolam beton berikutnya yang perlu Anda perhatikan yaitu dalam proses perawatannya.

Anda perlu menjaga kondisi air dalam keadaan tetap bersih dan tidak berbau. Agar ikan gurame yang hidup di dalamnya bisa tumbuh dengan baik, dan tidak terkena penyakit.

Air tersebut diganti setidaknya 1 hingga 2 minggu sekali agar tetap dalam keadaan bersih. Lalu selanjutnya jangan lupa untuk memberikan pakan dalam takaran yang tepat

Ikan gurame yang masih balita bisa diberikan makanan berupa kutu air atau cacing sutera. Jika masih dalam proses pertumbuhan, maka Anda bisa memberi pakan berupa pelet.

Panen

Masa panen dari ikan gurame dapat Anda tentukan sendiri. Anda bisa memanennya dalam jumlah yang banyak secara langsung, ataupun hanya memanennya sebagian saja.

Proses panen ini umumnya dilakukan dengan menggunakan jaring, dan dilakukan dalam waktu 3 hingga 4 bulan.

Bobot dari ikan gurame yang siap panen yaitu sekitar 200 hingga 300 gram. Dengan bobot yang cukup besar tersebut, pembeli tentu akan merasa puas untuk menikmati daging dari ikan gurame Anda.

Ingat, jangan pernah memanen ikan yang masih kecil, dan belilah bibit ikan gurame yang berkualitas. Itu juga merupakan salah satu cara memelihara ikan gurame di kolam beton dengan tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *